Blog ini merupakan sarana informasi dan pembelajaran berbasis online atau digital. Pada blog ini, author menyajikan informasi dan pembehasan mengenai topik sains dan teknologi. Di antaranya Tutorial dan review teknik elektronika maupun elektronic circuit.

LightBlog

TOLONG

LIKE COMMENT AND SUBSCRIBE

Sabtu, 24 November 2018

Cara Membuat LED Blingking Berbasis Arduino #project1


Latihan 1 - LED Blinking
Komponen yang diperlukan
Rangkaian
Setelah memastikan software arduino sudah terinstall dengan baik dan benar selanjutnya kita hubungkan semuanya seperti gambar dibawah ini:
      Tidak masalah jika menggunakan kabel jumper yang berbeda atau pun arduino yang berbeda selama koneksi antara komponen seperti gambar.
      Pastikan posisi Anoda dan Katoda LED benar, LED dengan kaki yang panjang terhubung ke pin digital 10, kaki ini adalah kaki Anoda LED yang harus terhubung ke pin positif, sedangkan kaki LED yang pendek terhubung ke ground (GND) yang sebelumnya di seri menggunakan resistor 220 Ω, karena kaki LED ini merupakan kaki Katoda LED.
Setelah semuanya benar maka hubungkan USB ke komputer anda lalu buka software Arduino IDE.

Program
Masukan kode berikut ke halaman Arduino IDE :


//LED Blinking
int ledPin = 10;
void setup()
{
pinMode(ledPin, OUTPUT);
}
void loop()
{
digitalWrite(ledPin, HIGH);
delay(1000);
digitalWrite(ledPin, LOW);
delay(1000);
}

      Setelah itu klik Verify/Compile pada software Arduino IDE, tunggu hingga selesai dan sukses mengcompile program, jika pada notifikasi muncul error maka perlu di tinjau ulang, mungkin ada kesalahan pada tipe board yang di pakai, port yang sedang digunakan ataupun source code yang tidak tertulis. Setelah itu klik tombol Upload, pada proses ini program akan di transfer ke board Arduino, tunggu hingga program terupload dan muncul notifikasi “Done uploading” maka Led akan berkedip dengan interval waktu hidup 1 detik dan mati 1 detik, jika masih kurang paham silahakan buka kembali materi tentang delay(ms).

     Nah itu dia guys. bila kalian merasa bingung kalian bisa tonton video tutorialnya disini



Tidak ada komentar:

Posting Komentar