Blog ini merupakan sarana informasi dan pembelajaran berbasis online atau digital. Pada blog ini, author menyajikan informasi dan pembehasan mengenai topik sains dan teknologi. Di antaranya Tutorial dan review teknik elektronika maupun elektronic circuit.

LightBlog

TOLONG

LIKE COMMENT AND SUBSCRIBE

Rabu, 28 Agustus 2019

Tutorial Cara Membuat Alarm Hujan Menggunakan Sensor Air dan Arduino



Hallo teman-teman, apa kabarnya hari ini? Di episode Dasar Arduino sebelumnya, kita telah mempelajari bagaimana caranya membuat alrm maling di garasi. Buat teman-teman yang belum tahu, saya saranin untuk baca dulu  deh, supaya tidak ketinggalan dan akan lebih paham untuk lanjut ke tahap berikutnya. 

Masih di serial arduino nih teknokers, buat yang belum tahu, di beberapa tutorial sebelumnya kita sudah belajar menggunakan sensor-sensor pada arduino. Seperti sensor jarak, sensor suhu, sensor gerak dan masih banyak lagi.  Nah pada kesempatan kali ini, kita akan mencoba menggunakan sensor air nih teknokers, yaitu sensor pendeteksi hujan.

Sensor air yang satu ini, sangat berguna untuk mendeteksi air yang mengenai permukaannya. Sensor ini juga sering di beri label sebagai sensor tetesan air hujan karena dapat digunakan untuk mendeteksi air hujan.

Tuh teman-teman, maka dari itu kita bisa berkreasi menggunakan si sensor ini, seperti membuat alarm pendeteksi hujan. Sayangnya tidak ada pendeteksi perasaan ya, kalau ada mimin beli deh. Kan lumayan buat ngukur ketulusan si dia. Heheh... yasudah, dari pade mimin makin ngelantur, mending langsung aja yuk kita ke tutorial.

Ok, alat dan komponen yang harus disiapkan adalah: Arduino uno, bread board mini (kalau gak ada juga bisa pake yang biasa), Sensor hujan, LED merah dan hijau, 2 resistor 220 ohm, 1 buzzer dan beberapa kabel jamper.

Pertama-tama, kita susun rangkaian seperti pada skematik ini. (download program dan skematiknya disini)
-          Susun dan letakan LED beserta buzzer di bread board
-          Hubungkan resistor pada setiap kaki positif LED
-          Sambungkan kaki resistor yang terhubung ke LED hijau dengan pin 8 arduino
-          Dan kaki resistor yang terhubung ke LED merah dengan pin 9 arduino
-          Lalu hubungkan positif buzzer ke pin 7 arduino
-          Jangan lupa sambungkang juga negatid LED dan Buzzer ke pin GND arduino.
-          Beralih ke bagian sensor, hubungkan board sensor hujan ke board control seperti ini.
-          Sambungkan vcc board control ke 5v arduino dan gndnya ke gnd arduino.
-          Terakhir hubungkan AO board control ke A0 arduino.

Selesai sudah tahap wairing, next ke tahap yang paling krusial. Yaitu pemograman. (download program dan skematiknya disini)

Nilai pada pin analog yang terhubung ke sensor dibaca dengan menggunakan analogRead(). Nilai inilah yang ditampilkan ke serial monitor untuk memantau keadaan sensor air.   Kalian bisa melakukan percobaan dengan meneteskan air ke board sensor, kemudian amati perubahan nilai pada serial monitor. Nah nilai itulah yang akan menjadi patokan buat menyalakan alarm dan juga LED.

Rangkain yang kita buat masih berupa prototipe, jika kalian ingin berkreasi lebih lanjut menggunakan si sensor ini. Kalian bisa merubah outputnya seperti dengan menggunakan motor. Si motor akan bergerak menarik jemuran ketempat yang aman jika sensor mendeteksi hujan. Dan untuk teman-teman yang tertarik ingin mencoba, silakan. Itung-itung latihan kalian dalam mengasah keahlian dalam belajar pemograman arduino. Tapi jika teman-teman disini tertarik ingin membuat alat canggih seperti itu, kalain bisa komen di kolom komentar, kalau banyak like dan komentarnya, nanti saya akan buatkan tutorial khusus tentang membuat alatnya.

Sekian dulu postingan pada kali ini, teruslah berinovasi dan berkreasi. mudah-mudah tutorial ini bermanfaat, memotivasi dan membantu kalain dalam sama-sama belajar pemograman arduino.

Ok, see you next video di minggu depan. Bye, saya Ajat pamit undur diri.


2 komentar:

  1. Bang link download programnya error

    BalasHapus
  2. Tutorial Cara Membuat Alarm Hujan Menggunakan Sensor Air Dan Arduino - Ajtekno >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Tutorial Cara Membuat Alarm Hujan Menggunakan Sensor Air Dan Arduino - Ajtekno >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Tutorial Cara Membuat Alarm Hujan Menggunakan Sensor Air Dan Arduino - Ajtekno >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK

    BalasHapus