Blog ini merupakan sarana informasi dan pembelajaran berbasis online atau digital. Pada blog ini, author menyajikan informasi dan pembehasan mengenai topik sains dan teknologi. Di antaranya Tutorial dan review teknik elektronika maupun elektronic circuit.

LightBlog

TOLONG

LIKE COMMENT AND SUBSCRIBE

Selasa, 06 Agustus 2019

Tutorial Membuat Penggaris Digital dan Sensor Parkir dengan Arduino



Hallo teman-teman, apa kabarnya hari ini? Di episode Dasar Arduino sebelumnya, kita telah mempelajari bagaimana caranya untuk  menginput serta menampilkan Kata di LCD. Buat teman-teman yang belum nonton videonya, saya saranin tonton dulu  deh, supaya tidak ketinggalan dan akan lebih paham untuk lanjut ke tahap berikutnya. Tonton videonya di sini.

Nah mulai episode ini dan beberapa video kedepannya, kita akan mulai belajar menggunakan sensor-sensor pada arduino. Seperti sensor jarak, sensor suhu, sensor gerak dan masih banyak lagi.  so, teman-teman yang budiman, hari ini kita akan membuat sebuah project menggunakan sensor ultrasonic. Sensor yang satu ini adalah  sensor yang bisa menghitung jarak, jarak akan di tampilkan menggunakan satuan cm atau inch, jarak yang bisa terhitung normal oleh sensor ini berkisar antara 3 cm sampai dengan 300 cm. Dilihat dari cara kerjanya, sensor ini kita bisa manfaatkan untuk membuat penggaris digital. Maka dari itu, yuk kita buat alatnya.

            Ets, tetapi sebelum ke inti tutorial, jangan lupa buat dukung channel ini dengan cara like dan share postngan ini. Untuk kalain yang masih pemula atau malah belum sama sekali tahu apa itu arduino, teman-teman tidak usah khawatir, kerana di channel ini kita bahas semua dari dasarnya, hingga kalian bisa atau bahkan mahir dibidangnya.

Ok, alat dan komponen yang harus disiapkan adalah: Arduino uno, bread board, LCD 16x2, sensor ultrasonic, 1 buah potensiometer 10k ohm, resistror 220 ohm, 1 buah buzzer  dan beberapa kabel jumper.

Pertama-tama, kita susun rangkaian seperti pada skematik ini. Download skematik dan programnya disini.

                  -Susun dan letakan sensor ultrasonic serta buzer di tengah-tengah bread board,
                  -Hubungkan pin echo ultrasonic ke pin 10 pada arduino,
                  -dan pin trigernya ke pin 9 arduino,
                  -Selanjutnya, pin vcc pada ultrasonic di hubungkan ke gris merah pada bread board seperti ini,
               -dan pin gnd-nya ke garis biru bread board.
               -setelah itu, hubungkan juga kaki buzzer ke gnd atau garis biru bread board,
               -sedangkan kaki positif buzzer ke pin 6 pada arduino,
               - dan terakhir pin 5v arduino di hubungkan ke garis merah pada bread bord dan pin gnd-nya ke garis biru seperti ini.

Selesai sudah tahap wairing. Peringatan buat teman-temanku tersayang, jangan sampai salah menghubungkan, supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan, lebih teliti dan periksa kembali rangkaian kalian. Karena jika sampai salah, rusaklah alat kalian, dan saya jadi berasa kasian... hehe, yasudah langsung aja ke pemograman... Download skematik dan programnya disini.
Cara kerja singkat dari sensor ini yaitu ketika pin trigger di beri sinyal pendek (5v) dari mikrokontroler maka sensor mengeluarkan gelombang suara, dan ketika gelombang tersebut memantul mengenai dinding atau objek lainya gelombang tersebut kembali, kemudian sensor akan mengirim sinyal balik ke arduino melalui pin echo. Selanjutnya Arduino mengukur waktu antara transmisi dan kembalinya gelombang suara dan mengonversi waktu tersebut menjadi jarak. Untuk lebih jelasnya kaliaan bisa lihat perhitungannya seperti gambar ini.

Hemmm.... buzzer ini belum berfungsi, mubah dong kalau kita anggurin, mending kita buat buzzer ini berguna, buzzer ini dapat kita gunakan sebagai indikator jarak. Cara kerjanya, ketika posisi jarak ultrasonik sudah pada jarak tertentu maka buzzer akan berbunyi, jika makin dekat, bunyi buzzer akan semakin cepat, begitupun sebaliknya. Untuk programnya sendiri, sangatlah mudah, seperti ini nih teman-teman. Download skematik dan programnya disini.

BTW Rangkain ini bisa kalian gunakan sebagai sensor parkir loh, buzzer akan memberitahu si pengemudi kalau body mobil kian dekat dengan tembok atau pembatas. Seperti mengeluar bunyi semakin cepat.

Tapi kayanya rangkain ini kurang asik deh, untuk lebih menraik, mending kita tambahkan beberapa komponen, seperti lcd 16x2 untuk menjadi display jaraknya. Hingga jadilah penggaris digital seperti tujuan awal tutorial ini. Untuk rangkainnya sendiri, pertama-tama kita susun rangkaian menggunakan skematik berikut, dan untuk tutorialnya kalain bisa tonton di video minggu kemarin, videonya bisa di klik di pojok kanan atas video. Jika sudah tinggal susun kembali rangkaian pada skematik pertama, cuman disini saya melepaskan buzzer, tapi jika kalian ingin rame, atau ingin ber-eksperimen seperti menambahkan buzzer, atau mungkin LED juga bisa, nah coba teman-teman kerjakannya sendiri, sebagai ajang latihan kalian dan sarana supaya lebih paham mengenai pemograman arduino tersebut. Jika dirasa kurang mengerti, kalian jangan sungkan untuk tanya-tanya di kolom komentar, ok.

Sekian dulu tutorial pada kali ini, teruslah berinovasi dan berkreasi. mudah-mudah video ini bermanfaat, memotivasi dan membantu kalain dalam sama-sama belajar pemograman arduino. Saya minta dukungannya untuk membuat channel ini selalu upload video setiap minggunya dan memberikan tutorial lebih menarik lagi pastinya, dengan cara klik tombol subscribe , like dan share video ini keteman-teman kalain, siapa tahu teman kalian bisa terbantu dan termotivasi untuk sama-sama belajar arduino.

Ok, see you next video di minggu depan. Bye, saya Ajat pamit undur diri.


2 komentar:

  1. Kalau di beri output bicara bisa nggak om....suara di simpan di sd card

    BalasHapus
  2. Tutorial Membuat Penggaris Digital Dan Sensor Parkir Dengan Arduino - Ajtekno >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Tutorial Membuat Penggaris Digital Dan Sensor Parkir Dengan Arduino - Ajtekno >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Tutorial Membuat Penggaris Digital Dan Sensor Parkir Dengan Arduino - Ajtekno >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK

    BalasHapus