Blog ini merupakan sarana informasi dan pembelajaran berbasis online atau digital. Pada blog ini, author menyajikan informasi dan pembehasan mengenai topik sains dan teknologi. Di antaranya Tutorial dan review teknik elektronika maupun elektronic circuit.

LightBlog

TOLONG

LIKE COMMENT AND SUBSCRIBE

Sabtu, 27 Juli 2019

Cara Input dan Menampilkan Kata di LCD 16x2 Arduino Mudah!


        

        Hallo teman-teman, apa kabarnya hari ini? Di episode Dasar Arduino sebelumnya, kita telah mempelajari input dan output analog pada arduino, serta membuat lampu taman otomatis menggunakan sensor LDR dan juga relay. Buat teman-teman yang belum baca, saya saranin baca dulu  deh, supaya tidak ketinggalan dan akan lebih paham untuk lanjut ke tahap berikutnya. 

        Oh ia, di episode kali ini kita akan belajar menggunakan LCD 16x2 dan membuat beberapa project seperti input kata dan menampilkan kata di LCD tersebut. Teman-teman yang budiman, sebenarnya episode kali ini adalah awal, kalian tahu kenapa? Karena di episode selanjutnya kita akan bahas mengenai sensor-sensor arduino seperti, sensor jarak, sensor suhu, sensor gerak, sensor api dan masih banyak lagi. Nah di episode selanjutnya, program dan LCD ini akan sering di gunakan, maka dari itu yuk kita bahas tuntas di video ini. Supaya kalian bisa membuat inovasi dan berkreasi lebih banyak lagi dan keren tentunya.

            Yasudah, tidak perlu banyak bengong, langsung aja kita ke tutorial. Ets, tetapi sebelum ke inti tutorial, jangan lupa buat dukung blog ini dengan cara klick tombol subscribe dan share ya. Untuk kalain yang masih pemula atau malah belum sama sekali tahu apa itu arduino, teman-teman tidak usah khawatir, kerana di blog ini kita bahas semua dari dasarnya, hingga kalian bisa atau bahkan mahir dibidangnya.

Ok, alat dan komponen yang harus disiapkan adalah: Arduino uno, bread board, LCD 16x2, 1 buah potensiometer 10k ohm, resistror 220 ohm dan beberapa kabel jumper.

          Pertama-tama, kita susun rangkaian seperti pada skematik ini:

1. LCD RS pin (pin 4 lcd) to digital pin 12
2. LCD R/W pin (pin 5 lcd) to ground
3. LCD Enable pin (pin 6 lcd) to digital pin 11
4. LCD D4 pin (pin 11 lcd) to digital pin 5
5. LCD D5 pin (pin 12 lcd) to digital pin 4
6. LCD D6 pin (pin 13 lcd) to digital pin 3
7. LCD D7 pin (pin 14 lcd) to digital pin 2
8. LCD VSS pin (pin 1 lcd) to ground
9. LCD VCC pin (pin 2 lcd) to 5V
10. LCD Brightness pin (pin 3 lcd) to potensio pin 2
11. LCD Backlight + pin (pin 15 lcd) to +5V
12. LCD Backlight - pin (pin 16 lcd) to ground

Selesai sudah tahap wairing. Eh, hampir lupa, maksud dari kata LCD 16x2 artinya yaitu, LCD ini terdiri dari 16 kolom dan 2 baris. Gitu teman-teman. Gak pentingya? Hehe... yasudah langsung aja ke pemograman..... (Download programnya disini)

 hasil yang didapat dari program barusan yaitu, LCD pada kolom 0 baris 0 akan menampilkan tulisan  PLEASE SUBSCRIBE (karena kolom dan baris pertama dimulai dari angka 0, jadi kolom/baris 1 = kolom/baris 0, sedangkan kolom/baris 2 = kolom/baris 1) jadi di baris ke-1 akan menampilkan 16 karakter, space juga dihitung ya teman-teman. Sedangkan di baris ke-2nya akan menampilkan 16 karakter juga, yaitu AJTekno! ditambah space di depan dan di belakang katanya, supaya kata tersebut tampil di tengah-tengah.

Sebagai catatan, kegunaan trimpot atau potensiometer pada rangkaian ini yaitu sebagai pengatur kontaras display pada LCD, teman-teman dapat mengaturnya dengan memutar-mutar knop trimpot menggunakan obeng min seperti ini, tapi jangan sampai dijilatin ya teman-teman, apalagi di celupin, hehe...

Selanjutnya mari kita berkreasi dengan menambahkan program auto scrol dan memanfaatkan fitur LCD lainnya. Untuk memperindah tampilan, saya membuat LCD di kolom ke-3 baris ke-1 menampilkan angka 0-9 secara berurutan, setelah itu baru akan menampilkan sebuah kata. bagaimana kece badaikan? Untuk programnya sendiri, saya hanya menambahkan dan merubah sedikit source kodenya. (Download programnya disini)

Lanjut ke project terakhir, kali ini kita menampilkan sebuah kata di LCD sesuai dengan apa yang kita inputkan di serial monitor. Caranya kita buka serial monitor di aplikasi arduino ide, kemudian kita ketikan kata yang akan di tampilkan end enter, setelah terkirim, kata yang kita ketikan tadi akan muncul di LCD. untuk programnya tidak lah sulit teman-teman, (Download programnya disini)

Sekian dulu postingan pada kali ini, teruslah berinovasi dan berkreasi. mudah-mudah postingan ini bermanfaat, memotivasi dan membantu kalain dalam sama-sama belajar pemograman arduino. 

Ok, see you next video di minggu depan. Bye, saya Ajat pamit undur diri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar