Blog ini merupakan sarana informasi dan pembelajaran berbasis online atau digital. Pada blog ini, author menyajikan informasi dan pembehasan mengenai topik sains dan teknologi. Di antaranya Tutorial dan review teknik elektronika maupun elektronic circuit.

LightBlog

TOLONG

LIKE COMMENT AND SUBSCRIBE

Rabu, 07 November 2018

Aplikasi yang dibutukan untuk belajar elektronika


Hy sob... apakabarnya hari ini? mudah mudahan baik dan bahagia ya. hehe... :D :D
Nah untuk postingan perdana saya setelah beberapa bulan gak ngeblog dan ngeyoutube dengan alasan malas, kali ini saya hadir kembali dengan penuh semangat membangun blog dan youtube yang pastinya bermanfaat untuk kalian para pembaca  khususnya para pelajar, karna di sini saya kan membagikan segudang ilmu yang saya peroleh dari hasil studi saya di sekolah. karena blog ini bertemakan Elektronika, maka di postingan perdana ini saya akan ngasih tahu apa saja yang harus di persiapkan untuk memulai belajar di bidang Elektronika ini. yang pertama adalah niat dan kemauan, "yailah bang masa kalau gak niat ya gak belajar kita" hehe..:D yaudah langsung saja.
Ada beberapa yang di butuhkan sebelum belajar elektronika yaitu toolkit atau alat yang membantu dalam proses pembelajaran elektronika, mau tahu toolkit apa saja kunjungi link ini. selain itu ada beberapa aplikasi atau software yang selalu digunakan dalam pembelajaran elektronika, ya sesuai dengan judul disini saya akan memberi tahu kepada kalian apa sajakah itu.

Proteus 8 Professional adalah software simulasi  dengan desain sistem papan sirkuit yang digunakan untuk membuat sebuah skematik, microprocessor ataupun desain PCB. Proteus 8 Professional juga merupakan software yang dikembangkan oleh Labcenter Electronics.
Proteus 8 Professional memiliki komponen-komponen seperti : ISIS schematic capture, ARUS PCB layout dan VSM (Visual System Modeling). 
Selain itu, Proteus 8 professional dapat mensimulasikan operasi mikrokontroler berikut: 8051, ARM7, ARM Cortex-M3, AVR, Texas Instruments, Motorola, PIC, Basic Stamp.  Proteus 8 professional ini juga menyajikan tampilan yang menarik dan database komponen yang lebih lengkap dibandingkan software elektronika yang lain.

CodeVision AVR merupakan sebuah software yang digunakan untuk memprogram mikrokontroler sekarang ini telah umum. Mulai dari penggunaan untuk kontrol sederhana sampai kontrol yang cukup kompleks, mikrokontroler dapat berfungsi jika telah diisi sebuah program, pengisian program ini dapat dilakukan menggunakan compiler yang selanjutnya diprogram ke dalam mikrokontroler menggunakan fasilitas yang sudah di sediakan oleh program tersebut. Salah satu compiler program yang umum digunakan sekarang ini adalah CodeVision AVR yang menggunakan bahasa pemrograman C.
CodeVision AVR mempunyai suatu keunggulan dari compiler lain, yaitu adanya codewizard, fasilitas ini memudahkan kita dalam inisialisasi mikrokontroler yang akan kita gunakan.

Software ini digunakan dalam pemrograman mikrokontroler khususnya saat melakukan Download File *.HEX ke dalam memori mikrokontroller.

OrCAD (singkatan: Oregon + CAD) adalah perangkat lunak simulasi untuk otomasi perancangan rangkaian elektronika yang sekarang menjadi milik dari perusahaan Cadence Design Systems. Aplikasi ini juga digunakan untuk merancang skematik sekaligus membuat desain PCB((Printed Circuit Board)

Nah itu dia guys aplikasi yang harus kalian download dan instal di komputer kalian sebelum kalian memulai belajar di bidang elektronika. bila kalian minat klik nama aplikasinya buat mendownload aplikasi tersebut. nah sekian postingan pada kali ini, jangan lupa like bila kalian suka dan jangan ragu buat bertanya di kolom komentar ya guys. subscribe juga channel youtube "AjatChannel" buat mempermudah belajar kita ya gan. thanks for time, saya Ajat pamit undur diri, bye

Tidak ada komentar:

Posting Komentar