Blog ini merupakan sarana informasi dan pembelajaran berbasis online atau digital. Pada blog ini, author menyajikan informasi dan pembehasan mengenai topik sains dan teknologi. Di antaranya Tutorial dan review teknik elektronika maupun elektronic circuit.

LightBlog

TOLONG

LIKE COMMENT AND SUBSCRIBE

Sabtu, 07 Desember 2019

Cara Menampilkan tombol yang ditekan di keypad ke LCD – Tutorial Arduino Mudah dan murah



Hallo teman-teman, apa kabarnya hari ini? Setelah kemarin kita membahas motor stepper, di postingan kali ini saya hadir kembali membawa tutorial dasar elektronika khususnya arduino. Mungkin tutorial ini akan sedikit singkat dibandingkan dengan tutorial-tutorial di selingan arduino seris sebelumnya. Buat kali ini, kita akan belajar cara menggunakan keypad 4x4. 

Buat teman-teman yang baru singgah di blog ini, dulu kita juga sempat membahas tentang dasar arduino di episode 1 sampai dengan episede 6. Kemudian di episode selanjutnya kita mulai membahas tentang sensor-sensor pada arduino. Buat kalain yang penasaran, kalian boleh ko lihat dulu postingan-postingan tutorial sebelumnya.

Ok, di tutorial kali ini, kalian hanya membutuhkan : Arduino uno, breadboard, LCD 16x2, keypad 4x4, 1 potensiometer 10 kohm, 1 buzzer, 1 resistor 220 ohm  dan tentunya beberapa kabel jumper.
Pertama-tama, kita susun rangkaian seperti pada skematik ini. (Download skematik dan programnya disini)
Jika rangkaian sudah di pastikan sesuai dengan skematik, saatnya kita kepemograman. (Download skematik dan programnya disini)

Keypad 4x4 adalah 16 buah saklar yang dibentuk matrik, dengan tujuan penghematan jalur. Apabila ke 16 saklar tersebut tidak dibentuk matrik maka dibutuhkan 16 jalur input, tetapi dengan dibentuknya kedalam matrik, maka hanya dibutuhkan 8 jalur (4 jalur input dan 4 jalur output), cara menggunakan keypad 4x4 ini yaitu dengan motode scanning. Tiap baris atau kolom diberikan logika 0 (0v) secara bergilir, setiap baris atau kolom yang mendapat logika 0, selanjutnya set seluruh kolom dengan logika 1, dan di tahap berikutnya tiap kolom atau baris di uji logikanya, apabila ada kolom atau baris yang terbaca logika 0, berarti kolom atau baris tersebut sedang di tekan.

Pada arduino, dibutuhkan librari <keypad.h> untuk mengaktifkan keypad tersebut, seperti yang tertulis di program tadi. Sebenarnya di projek ini saya menggabungkan kedua program. Yaitu program untuk menampilkan kata di lcd 16x2 yang sudah kita pelajari di video sebelumnya dan program untuk menjalankan keypad 4x4. Sebagai reverensi kalian bisa cari contoh pemograman dasar keypad ini di google, disana banyak ko bertebaran source kode gratis yang bisa kalian download. Atau kalian juga bisa mengunjungi blog saya di ajtekno.blogspot.com, link ada di deskripsi.

Ok, Sekian dulu postingan pada kali ini, teruslah berinovasi dan berkreasi. mudah-mudah tutorial ini bermanfaat, memotivasi dan membantu kalain dalam sama-sama belajar pemograman arduino. Saya minta dukungannya untuk membuat blog ini selalu upload di setiap minggunya dan memberikan like dan share postingan ini keteman-teman kalain, siapa tahu teman kalian bisa terbantu dan termotivasi untuk sama-sama belajar arduino.
see you next video di minggu depan. Bye, saya Ajat pamit undur diri.

Tonton Video tutorialnya disini Teknokers


Tidak ada komentar:

Posting Komentar