Blog ini merupakan sarana informasi dan pembelajaran berbasis online atau digital. Pada blog ini, author menyajikan informasi dan pembehasan mengenai topik sains dan teknologi. Di antaranya Tutorial dan review teknik elektronika maupun elektronic circuit.

LightBlog

TOLONG

LIKE COMMENT AND SUBSCRIBE

Sabtu, 13 Juli 2019

Belajar Pemograman Tombol Button Pada Arduino | Membuat Bel Rumah Sederhana



Hi teman-teman, apa kabarnya hari ini? Masih di serial Dasar arduino. Pada episode sebelumnya, kita sudah mempelajari program output pada arduino, seperti cara menyalakan lampu LED dan membuatnya berkedip. Nah di episode ke empat ini, kita akan belajar membuat program input pada arduino dengan bermain-main menggunakan saklar atau tombol button.

Tetapi sebelum ke inti tutorial, jangan lupa buat subscribe terlebih dahulu, karena di blog ini kita akan belajar tentang dunia elektronika khususnya; dasar arduino, sensor-sensor, cara merakit robot dan masih banyak lagi. ingat teman-teman subscribe itu gratis dan mudah, kenapa harus subscribe? karena supaya kalian tidak ketinggalan saat ada tutorial baru.

Ok, let’s go to the tutorial.
Alat dan komponen yang dibutuhkan adalah: Arduino uno, Bread board, 2 tombol button, lampu LED, Resistor 220 ohm dan beberapa kabel jumper.
Langkah pertama, kita rangkai komponen seperti gambar skematik ini,

-Hubungkan pin Vcc atau 5v arduino ke garis merah pada bread board
-dan pin gnd arduino ke garis birunya.
-Letakan LED dan kedua button di tengah-tengah bredboard seperti ini
-Hungkun kaki resistor ke garis negatif dan kaki yang lainnya ke kaki negatif LED
-Sambungkan juga salah satu kaki dari kedua button ke negatif
-sedangkan kaki yang lainnya ke pin 2 dan 3 pada arduino.
-terakhir kaki positif Led ke pin 8 pada arduino.

Selesai sudah tahap wairing, next. Mari kita ke pemograman. (Download program).Kita juga bisa berkreasi dengan menambahkan beberapa source kode, supaya button 2 berpungsi sebagai penambah tingkat kecerahan LED dan button 1 sebagai pengurang tingkat kecerahannya. Program yang di tambahkan juga sedikit, contohnya seperti ini.(Download program).

Atau kalian juga dapat mengembangkannya sendiri sebagai media latihan dan belajar kalian, seperti mengganti outpunya, led ini kalian bisa ganti dengan buzzer, speker, atau relay. Oh, ia kalian jangan malas untuk belajar pemograman arduino dari dasarnya seperti ini, karena hal ini dapat menjadi basic untuk kalian membuat inovasi lebih keren lainnya.

Untuk kalian yang masih mengikuti tutorialnya sampai step ini, saya akan berikan bonus, tambahan program, teman-teman sekalian tinggal mengganti LED dengan Buzzer 5V,. Maka jadilah bel rumah Sederhana. Ternyata Buzzer terdengar pelan, tapai kalian jangan khawatir, jangan panik, hehe Cara mengatasinya sangatlah mudah, kalian tinggal mencopot resistor yang terhubung ke kaki negatif Buzzer, dan menggantinya dengan kabel jumper. Tada... suara buzzer menjadi lebih kencang, jika dirasa masih kurang kencang, kalian bisa mengganti Buzzernya dengan Buzzer yang lebih besar,

Semua proyek ini meliputi skematik dan programnya, kalian bisa download di siniSekian dulu postingan untuk minngu ini, mudah-mudah  bermanfaat, memotivasi dan membantu kalain dalam sama-sama belajar pemograman arduino. Saya minta dukungannya untuk membuat channel ini selalu upload video setiap minggunya dengan cara klik tombol subscribe , like dan share video ini keteman-teman kalain, siapa tahu teman kalian bisa terbantu dan termotivasi untuk sama-sama belajar arduino.
Belajar lebih banyak lewat channel youtube AJTekno. tonton video tutorial ini disini:


Ok, see you next tutorial di minggu depan. Bye, saya Ajat pamit undur diri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar