Blog ini merupakan sarana informasi dan pembelajaran berbasis online atau digital. Pada blog ini, author menyajikan informasi dan pembehasan mengenai topik sains dan teknologi. Di antaranya Tutorial dan review teknik elektronika maupun elektronic circuit.

LightBlog

TOLONG

LIKE COMMENT AND SUBSCRIBE

Sabtu, 10 Agustus 2019

Tutorial Menyalakan Kipas Angin Menggunakan Suhu Ruangan Dengan Sensor LM35 & Arduino



Hallo teman-teman, apa kabarnya hari ini? Di episode Dasar Arduino sebelumnya, kita telah mempelajari bagaimana caranya membuat sensor parkir serta penggaris digital menggunakan sensor ultrasonik

 Seperti yang saya sudah bilang di postingan kemarin, bahwa sekarang dan beberapa tutorial kedepannya, kita akan mulai belajar menggunakan sensor-sensor pada arduino. Seperti sensor jarak, sensor suhu, sensor gerak dan masih banyak lagi.  

Aniway, Setelah kemarin kita mempelajari dan mengaplikasikan sensor jarak, divideo kali ini saya akan membuat tutorial bagaimana caranya menyalakan kipas angin biasa, kipas angin yang kalian miliki dirumah, kalau gak punya pinjem dulu ke tetangga juga bisa hehe... tetapi nyala kipas anginnya kita buat secara otomatis, dengan memanfaatkan sensor suhu LM35.

      Bang bang, kenapa pake LM35, padahalkan sensor suhu itu banyak? Nah.. jawaban simpelnya gini teman-teman, LM35 ialah sensor temperatur paling banyak digunakan untuk praktik, karena selain harganya cukup murah, literasinya juga bagus. Makannya kita gunakan sensor yang satu ini deh. Yasudah gak perlu banyak tanya dulu, mending langsung aja kita ke tutorial.

      Ets, tetapi sebelum ke inti tutorial, jangan lupa buat dukung blog ini dengan cara share postingan ini keteman-teman kalian. Untuk kalain yang masih pemula atau malah belum sama sekali tahu apa itu arduino, teman-teman tidak usah khawatir, kerana di blog ini kita bahas semua dari dasarnya, hingga kalian bisa atau bahkan mahir dibidangnya.

Ok, alat dan komponen yang harus disiapkan adalah: Arduino uno, bread board mini kalau gak ada bisa juga pake yang biasa, sensor suhu LM35, Modul relay 1 channel, 1 buah LED, Resistor 220 ohm dan beberapa kabel jamper. Selain itu kalian juga harus menyiapkan kabel, terminal listrik, dan colokannya.

Pertama-tama, kita susun rangkaian seperti pada skematik ini. (Download skematik dan programnya disini)

                  -Pertama-tama letakan LED dan Sensor LM35 pada bread board seperti ini,
                  -Dan sambungkan resistor ke kaki positif LEDnya,
                  -Hubungkan pin 5v arduino ke kaki ke-1 sensor LM35,
                  -Sedangkan pin GND arduino ke kaki ke-3nya,
                  -Dan kaki ke-2 Sensor LM35 di hubungkan ke pin A0 arduino.
      Sebagai catatan, jangan salah menghubungkan negatif dan positif pada Sensornya ya teman-teman, karena akan terjadi short circut dan sensor akan menjadi panas.
                  -Selanjutnya kaki negatif LED di hubungkan ke pin GND pada srduino,
                  -Dan terakhir pin 9 arduino di hubungkan ke kaki resistor yang satunya.

Selesai sudah tahap wairing. Jika sudah di pastikan rangkain sesuai skematik yang sudah saya berikan, selanjutnya yuk sama-sama ke pemograman. (Download skematik dan programnya disini)

Cara kerjanya, sensor akan membaca suhu di sekitar. Kemudian hasil dari pembacaan tersebut akan di kirimkan ke A0 pada arduino dan di konversi seperti menggunakan rumus di program tadi. Selanjutnya akan ditampilkan ke serial monitor seperti yang telah di perintahkan di program. Saat Suhu berubah, melebihi minimum suhu yang telah di tetapkan, maka LED akan menyala. Untuk melakukan perubahan suhu, saya akan mendekatkan solder yang panas ke sensor. Maka seolah-olah suhu di sekitar sensor akan naik.

Nah, dari hasil percobaan barusan. Kita dapat mengaplikasikannya untuk menyalakan kipas angin. Kalian tinggal mengganti LEDnya dengan modul relay. Sebenarnya untuk cara penggantian LED dengan modul relay ini telah saya berikan tutorialnya sebelumnya, kalian bisa mengeceknya sendiri deh.

Langsung aja, susun rangkaian seperti skematik ini.
-Pertama lepas LED dan resistor serta kabel jampernya,
-Ambil modul relay, kemudian hubungkan pin vcc modul relay ke pin 5v arduino atau ke kaki ke-1 sensor,
-Sedangkan pin GND modul relay ke pin GND arduino,
-terakhir pin in modul relay ke pin 9 arduino.

            Saat solder panas di dekatkan dengan Sensor, otomatis suhu disekitarnya akan naik. Seolah olah ini menyatakan kita sedang ke gerahan di ruangan tersebut. Maka dari itu kita ingin menyalakan kipas angin. Disini, modul relay yang pertamanya dalam kondisi normali open akan berubah menjadi normali close setelah suhu melebihi minimum suhu yang telah ditetapkan dalam program. Untuk menyalakan kipas angin. Kita membutuhkan alat-alat seperti terminal listrik, kabel dan colokannya. Cara membuatnya seperti ini teman-teman (untuk lebih jelasnya kalian bisa tonton video di yang bawah).

Duhhh... disini saya gak punya kipas angin teman-teman, mau pinjem ke tetangga, tetangganya pelit. Hehe.. makannya untuk mensimulasikan nyala kipas angin, saya menggunakan lampu ini saja ya... hehe, kalau kalian punya bisa pake kipas angin kalian sendiri ko.

Tadaaaa.... jadilah kipas angin otomatis dengan menggunakan sonsor LM35.

Ok.  Sekian dulu tutorial pada kali ini, teruslah berinovasi dan berkreasi. mudah-mudah postingan ini bermanfaat, memotivasi dan membantu kalain dalam sama-sama belajar pemograman arduino. 

Ok, see you next tutorial di minggu depan. Bye, saya Ajat pamit undur diri.

2 komentar:

  1. Mohon maaf, apakah saya bisa meminta skematik arduino dari rangkaian di atas?
    Terimakasih

    BalasHapus
  2. Tutorial Menyalakan Kipas Angin Menggunakan Suhu Ruangan Dengan Sensor Lm35 And Arduino - Ajtekno >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Tutorial Menyalakan Kipas Angin Menggunakan Suhu Ruangan Dengan Sensor Lm35 And Arduino - Ajtekno >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Tutorial Menyalakan Kipas Angin Menggunakan Suhu Ruangan Dengan Sensor Lm35 And Arduino - Ajtekno >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK

    BalasHapus