Blog ini merupakan sarana informasi dan pembelajaran berbasis online atau digital. Pada blog ini, author menyajikan informasi dan pembehasan mengenai topik sains dan teknologi. Di antaranya Tutorial dan review teknik elektronika maupun elektronic circuit.

LightBlog

TOLONG

LIKE COMMENT AND SUBSCRIBE

Kamis, 10 Oktober 2019

Tutorial Pemograman Dasar Menggerakan Motor Stepper – Belajar arduino gampang dan murah


Hallo teman-teman, apa kabarnya hari ini? Setelah kemarin kita membahas melodi di selingan  seri arduino basic, di postingan kali ini saya juga akan memberikan tutorial selingan lagi pastinya. Khusus untuk tutorial ini, sebenarnya ini adalah salah satu  requesan dari teman kita. Pertama-tama saya ucapkan mohon maaf karena baru bisa bikin tutornya sekarang.

Buat teman-teman yang baru singgah di blog ini, dulu kita juga sempat membahas tentang dasar arduino di episode 1 sampai dengan episede 6. Kemudian di episode selanjutnya kita mulai membahas tentang sensor-sensor pada arduino. Buat kalain yang penasaran, kalian boleh ko lihat dulu tutorial sebelumnya.

Ok, di tutorial kali ini, kalian hanya membutuhkan : Arduino uno, breadboard, motor steper, driver uln2003 biasanya ini sudah sepaket sama motor stepernya, 2 tombol button  dan tentunya beberapa kabel jumper.

Pertama-tama, kita susun rangkaian seperti pada skematik ini. (Download skematik dan programnya disini)
Jika rangkaian sudah di pastikan sesuai dengan skematik, saatnya kita kepemograman. (Download skematik dan programnya disini)

Em... Tunggu-tunggu. Sebenarnya di dalam arduino IDE nya sendiri itu sudah tersedia exampel codenya, caranya kalian pergi ke file >> examples >> kemudian stepper. Ada beberapa contoh program diantaranya motorKnob (putarannya diatur oleh potensiometer), OneRevolution (putarannya 1 putaran penuh dalam arah bolak balik), oneStepAtATime(berputar 1 step setiap saat), dan speedControl (mengatur kecepatan putaran motor). Silakan temen-temen untuk mencoba mengupload semua program tersebut, dan lihat putaran motornya, agar lebih memahami cara kerja motor stepper tersebut. Karena ada pribahas tak kenal maka ta’aruf hehe...

Nah sedangkan di sini  kita membuat program untuk memutar motornya maju atau mundur sesuai dengan tombol button yang kita tekan.

Mungkin para teknoker dirumah akan bertanya-tanya, apasi motor stepper ini, bedanya apa dengan motor dc biasa, kok mirip servosi?.
Jawabannya, Motor sepper adalah suatu motor yang putarannya bisa kita kontrol per-sekian derajat (1 step). Jadi kalau kita ingin putar motornya hanya seperempat putaran (90 derajat), maka kita perintahkan motor tersebut untuk sekian jumlah step.
Berbeda dengan motor dc biasa yang kita tinggal dihubungkan dengan catu daya, maka motor akan berputar. Dan memang betul, motor stepper ini mirip dengan motor servo, tapi motor stepper ini dapat berputar 360 derajat atau berputar dengan putaran penuh.

Ok, Sekian dulu postingan pada kali ini, teruslah berinovasi dan berkreasi. mudah-mudah tutorial ini bermanfaat, memotivasi dan membantu kalain dalam sama-sama belajar pemograman arduino. 

see you next video di minggu depan. Bye, saya Ajat pamit undur diri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar