Blog ini merupakan sarana informasi dan pembelajaran berbasis online atau digital. Pada blog ini, author menyajikan informasi dan pembehasan mengenai topik sains dan teknologi. Di antaranya Tutorial dan review teknik elektronika maupun elektronic circuit.

LightBlog

TOLONG

LIKE COMMENT AND SUBSCRIBE

Jumat, 04 Oktober 2019

Tutorial Mendeteksi & Mengukur Guncangan dengan Sensor Getar Arduino



Hallo teman-teman, apa kabarnya hari ini? Di episode Dasar Arduino sebelumnya, kita telah mempelajari bagaimana caranya membuat alarm kebakaran dengan flame sensor. Buat teman-teman yang belum tahu, saya saranin tengok dulu  deh, supaya tidak ketinggalan dan akan lebih paham untuk lanjut ke tahap berikutnya. 

Masih di serial arduino nih teknokers, buat yang belum tahu, di beberapa tutorial sebelumnya kita sudah belajar menggunakan sensor-sensor pada arduino. Seperti sensor jarak, sensor suhu, sensor gerak, sensor air, sensor obstacle, sensor gas maupun api dan, dan apa lagi ya... emmm, pokonya banyak deh teknokers.  Nah, untuk di tutorial kali ini, kita masih sama akan membahas tentang sensor, yaitu sensor getaran.

Untuk kalian yang masih pemula atau malah belum sama sekali tahu apa itu arduino, teman-teman tidak usah khawatir, kerana di blog ini kita bahas semua dari dasarnya, hingga kalian bisa atau bahkan mahir dibidangnya.

Berbagai sensor untuk mendeteksi getaran banyak sekali tersedia di pasaran. Salah satunya yang akan kita gunakan kali ini. Yaps, yang saya gunakan untuk tutorial di video ini adalah sensor getar jenis sw-420. Modul ini bertindak seperti saklar. Nilai yang dihhasilkan berupa nilai analog ataupun digital yang menyatakan seberapa besar getaran yang terjadi maupun mendeteksi adanya getaran di cakup jangkauan sensor..

Hem.... biasanya saya akan mensimulasikan cara kerja sensor dengan membuat alatnya. Tapi untuk si sensor ini, jujur saya kebanjiran banyak sekali ide untuk membuat alat tersebut. Beberapa ide yang saya temukan di mbah google antara lain seperti palang pintu kreta api berbasis sensor getaran dan pendeteksi guncangan gempa bumi. Tapi, rasanya untuk membuat alat keren tersebut saya banyak sekali kekurangan informasi atau riset tentang project tersebut. Dari pada kedepannya saya menyesatkan, mending untuk tutorial sensor getaran ini saya cuman akan memberikan program dasar, yaitu program untuk membaca dan menampilkan data getaran sensor ke serial monitor.

Ok, alat dan komponen yang harus disiapkan adalah: Arduino uno, bread board mini, Sensor getar, LED merah dan hijau, 2 resistor 220 ohm dan beberapa kabel jamper.

Pertama-tama, kita susun rangkaian seperti pada skematik ini. (Download skematik dan programnya disini)
-          Pertama-tama, letakan  Sensor dan LED di breadboard seperti ini.
-          Hubungkan resirtor di setiap kaki positif LED
-          Jangan lupa sambungkan juga setiap kaki Negatif  LED maupun pin GND sensor ke pin GND arduino
-          Setelah itu, hubungkan pin Vcc sensor dengan pin 5v Arduino
-          Sedangkan pin Out sensor ke pin 3 arduino
-          Terakhir hubungkan kaki positif LED merah yang terhubung ke resistor dengan pin 8 arduino dan untuk LED hijau ke pin 7 arduino.

Tahap wairing sudah selesai, jika sudah di pastikan tidak ada yang salah hubung, next yuk kita kepemograman . (Download skematik dan programnya disini)

Saat ssensor kita berikan guncangan seperti ini, maka LED hijau akan menyala. Seperti di program, sensor akan memberikan nilai berupa nilai digital yang dibaca oleh program digitalread melalui pin 3 arduino. Nilai sensor saat diberikan guncangan seperti ini adalah 1. Dan nilai ketika sensor tidak mendeteksi guncangan adalah 0. Sebenarnya kalian bisa membaca data analog dari si sensor seperti yang sudah saya sebutkan di pemrograman.

So, di postingan kali ini saya lebih menekankan pemogramannya, karena saya ingin teman-teman yang baru belajar pemograman arduino dan baru juga belajar mengenal sensor paham betul dasar pemograman seperti membaca data sensor dan program logika if else.

Ok. Sekian dulu postingan pada kali ini, teruslah berinovasi dan berkreasi. mudah-mudah tutorial ini bermanfaat, memotivasi dan membantu kalain dalam sama-sama belajar pemograman arduino. 
see you next video di minggu depan. Bye, saya Ajat pamit undur diri.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar