Blog ini merupakan sarana informasi dan pembelajaran berbasis online atau digital. Pada blog ini, author menyajikan informasi dan pembehasan mengenai topik sains dan teknologi. Di antaranya Tutorial dan review teknik elektronika maupun elektronic circuit.

LightBlog

TOLONG

LIKE COMMENT AND SUBSCRIBE

Sabtu, 07 Desember 2019

Membuka Kunci Pintu Dengan KTP Elektronik berbasis Arduino – Project arduino sederhana



Hallo teman-teman, apa kabarnya hari ini? Di tutorial Dasar Arduino sebelumnya, kita telah mempelajari bagaimana caranya membuat saklar untuk menyalakan lampu dengan tepuk tangan.  Masih di serial arduino nih teknokers, buat yang belum tahu, di beberapa postingan sebelumnya kita sudah belajar menggunakan sensor-sensor pada arduino. Seperti sensor jarak, sensor suhu, sensor gerak, sensor air, sensor obstacle, sensor gas maupun api, sensor kelembaban, sensor getar hingga sensor suara. Kalau saja ada sensor kebohongan mungkin kita bisa mengaplikasikannya ke sidia.  

Nah, untuk di tutorial kali ini, kita masih sama akan membahas tentang sensor, yaitu RFID yang kita akan gunakan untuk membuat Smart door lock. Untuk kalian yang masih pemula atau malah belum sama sekali tahu apa itu arduino, teman-teman tidak usah khawatir, kerana di channel ini kita bahas semua dari dasarnya, hingga kalian bisa atau bahkan mahir dibidangnya.

Radio frequency identification atau yang kita kenal dengan RFID ini adalah sistem nirkabel yang menggunakan gelombang radio untuk membaca data yang terletak didalam tag. Tag dapat berbentuk seperti kartu kredit atau dalam bentuk lain seperti ganungan kunci. Tag terbagi menjadi 2 yaitu tag yang bersifat fasip maupun yang bersifat aktif. Tag fasip seperti ini tidak memiliki sumber listrik, dan untuk mendapatkan energi dari medan elektromagnetik yang di pancarkan oleh pembaca RFID, tag harus berada di dekat pembaca RFID, sehingga pembaca RFID mampu membaca data yang tersimpan di dalam tag itu sendiri.

Aplikasinya dari sensor ini cukup banyak, misalnya untuk membuka palang pintu mobil pada perumahan, sebagai kartu presensi pegawai dan juga sebagai label aset. Oh iya, pembaca RFID yang saya gunkan untuk tutorial ini yaitu RFID-RC522, RFID ini juga sudah bisa membaca kartu elektronik lainnya seperti EKTP kalian. Yasudah dari pada saya kebanyakan cingcong mending langsung aja kita buat smart door lock yang bisa kita buka dengan ktp elektronik. Yoooo, lets go.
Ok, alat dan komponen yang harus disiapkan adalah: Arduino uno, 2 bread board, lcd 16x2 , RFID-RC552, relay 1 channel, selenoid door lock, resistor 220 ohm dan beberapa kabel jamper. Oh ya, kalian juga membutuhkan power suplly 12v seperti ini.

Pertama-tama, kita susun rangkaian seperti pada skematik berikut. (Download skematik dan programnya disini) 
Sebelum lanjut ke pembuatan kunci pintu pintar, kalian akan di ajak terlebih dahulu untuk memahami cara kerja dari pembacaan tag menggunakan RFID. Tanpa basa-basi lagi, langsung aja kita rangkai.
-          Hubungkan pin Mosi pada RFID ke pin 11 arduino
-          Sedangkan pin Misonya ke pin 12 arduino
-          Dan Pin SCK pada RFID dengan pin 13 arduino
-          Tidak lupa pin SS (SDA atau juga NSS) pada RFID ke pin 10 arduino
-          Dan RST RFID ke pin 9 arduino
-          Untuk yang terakhir pin GND RFID ke pin GND, dan VCC-nya ke pin 3,3v arduino
Tahap wairing sudah selesai, jika sudah di pastikan tidak ada yang salah hubung, next yuk kita kepemograman. (Download skematik dan programnya disini) 

Pertama-tama kita buka serial monitor di arduino ide, kemudian dekatkan tag ke pembaca RFID. Dan lihat data atau kode yang di tampilkan di serial monitor. Coba untuk mengganti tagnya dengan yang lain, dan lihat kembali apa yang terjadi di serial monitor. Serial monitor menampilkan data atau kode tag yang berbeda jika kita mengganti tagnya dengan yang baru. Dapat di simpulkan bahwa setiap tag memiliki data atau kode yang unik atau berbeda-beda. Kita juga bisa mencobanya dengan mendekatkan EKTP dan lihat apa yang terjadi. Catat salah satu kode tag, karena kita akan menggunakannya di tahap berikutnya.

Di tahap berikutnya kita akan menambahkan LCD dan juga Relay, dan untuk skematiknya seperti ini. LCD dan relay sudah di tambahkan, dan terakhir, mari kita ke pemograman. (Download skematik dan programnya disini) 

Taraaaa.... Smart door lock atau kunci pintu menggunakan tag ektp sudah berhasil di buat. Mudah bukan?. Nah pertama-tama LCD menampilkan kata “Tempelkan Tag.” Kemudian kita dekatkan ektp yang sudah di daptarkan ke pembaca RFID. Jika ektp sesuai dengan data yang tersimpan maka lcd akan menampilkan kode atau id dari ektp. Dan selanjutnya  relay akan aktif untuk membuka kunci pintunya. Kita coba mendekatkan tag yang tidak terdaftar ke pembaca RFID, karena tag yang kita daftarkan cuman satu, yaitu ektp maka tag yang lain tidak bisa mengakses atau membuka kunci, maka LCD akan menampilkan kata “Akses ditolak”

Untuk pengaplikasian sesuangguhnya kita coba pasangkan selenoid door lock ke relay yang berfungsi sebagai kunci. Caranya seperti berikut. Ohya, karena selenoid ini bekerja di tegangan 12 volt dc maka dari itu kita membutuhkan adaptor 12vdc sebagai suplly-nya.

Ok. Sekian dulu tutorial pada kali ini, teruslah berinovasi dan berkreasi. mudah-mudah postingan ini bermanfaat, memotivasi dan membantu kalain dalam sama-sama belajar pemograman arduino. Saya minta dukungannya untuk membuat blog ini selalu upload setiap minggunya dan memberikan tutorial lebih menarik lagi pastinya, dengan cara klik like dan share video ini keteman-teman kalain, siapa tahu teman kalian bisa terbantu dan termotivasi untuk sama-sama belajar pemograman arduino.
see you next video di minggu depan. Bye, saya Ajat pamit undur diri.


Tonton video tutorialnya disini Teknokers

Tidak ada komentar:

Posting Komentar