Blog ini merupakan sarana informasi dan pembelajaran berbasis online atau digital. Pada blog ini, author menyajikan informasi dan pembehasan mengenai topik sains dan teknologi. Di antaranya Tutorial dan review teknik elektronika maupun elektronic circuit.

LightBlog

TOLONG

LIKE COMMENT AND SUBSCRIBE

Sabtu, 07 Desember 2019

Tutorial Membuat Pelayanan Kasir Indomart Berbasis Arduino – Tutorial Arduino Mudah dan murah




Hallo teman-teman, apa kabarnya hari ini? Setelah kemarin kita membahas cara menampilkan tombol yang ditekan di keypad ke LCD, di tutorial kali ini saya hadir kembali membawa tutorial dasar elektronika khususnya arduino. Mungkin postingan ini bisa di bilang postingan spesial, karena ini adalah salah satu tutorial requesan dari teman kita. 

Buat di tutorial ini, kita akan belajar cara menggunakan dfplayer mini, lebih tepatnya kita akan membuat pelayanan kasir kantin yang bisa berbicara. Tapi sebelum itu, saya mau minta maaf, karena sebenarnya tutorial ini sudah di request beberapa bulan yang lalu, tapi saya baru membuatkan tutorialnya sekarang. Karena emang kebetulan, jadwal yang pas untuk membahas dfplayer mini itu sekarang, jadi mohon di maafkan ya.

Buat teman-teman yang baru singgah di blog ini, dulu kita juga sempat membahas tentang dasar arduino di episode 1 sampai dengan episede 6. Kemudian di episode selanjutnya kita mulai membahas tentang sensor-sensor pada arduino.

Ok, di video kali ini, kalian hanya membutuhkan : Arduino uno, breadboard, Dfplayer mini, sensor ultrasonik, 2 resistor 1k ohm, speaker 8ohm,  dan tentunya beberapa kabel jumper.
Pertama-tama, kita susun rangkaian seperti pada skematik ini. (Download skematik dan programnya disini)

Jika rangkaian sudah di pastikan sesuai dengan skematik, saatnya kita kepemograman. (Download skematik dan programnya disini)

Sebelumnya kita harus terlebih dahulu menyediakan mikro sd card yang sudah terisi 1 lagu berformat mp3. Ingat 1 lagu ya, di usahakan memorinya hanya terisi 1 lagu saja dan tidak berisi apa-apa lagi selain file yang akan digunakan di proyek ini. Saat pertama kali di hidupkan, arduino akan langsung memutar musik yang berada di dalam sd crad, selama waktu yang telah kita tentukan di program, berarti disini 15000 mikro sekon atau setara dengan 15 detik. Kemudian setelah mencapai ambang batas waktu, musik akan berhenti sesuai dengan program yang sudah kita buat.

Nah hal itu menjadi dasar untuk membuat alat pelayanan kasir kantin. Sekarang kita buat alatnya supaya bisa mendeteksi objek atau kalau sesuai dengan requesan, alatnya ingin bisa mendeteksi barang atau makanan yang di sajikan di meja, kemudian alat akan berbicara “Terimakasih sudah datang dan Selamat menikmati hidangan” atau kalau kalian suka pergi ke indomart atau alfamart, pas kalian masuk si embak kasirnya akan menyapa, “Selamat datang di indomart, selamat berbelanja.” Nah kedua hal itu sebenarnya  menggunkan algoritma yang sama saja. Untuk membuat alat yang demikian kita membutuhkan sensor ultrasonik sebagai sensor pendeteksi objek atau orang dan dfplayer sebagai pemutar suaranya.

Cara membuatnya cukuplah mudah, caranya kalian tinggal mengutak-ngatik sedikit program yang barusan seperti ini. (record langsung).
File musik yang tadi di ganti dengan file musik hasil perekman sendiri, itumah bebas dan durasi bisa di sesuaikan supaya singkron dengan programa. dan ingat, formatnya harus mp3 ya teknokers. And walaaaa, alat pelayanan kasir indomart sudah berhasil kita buat.

Ok, Sekian dulu postingan pada kali ini, teruslah berinovasi dan berkreasi. mudah-mudah tutorial ini bermanfaat, memotivasi dan membantu kalain dalam sama-sama belajar pemograman arduino. Saya minta dukungannya untuk membuat blog ini selalu upload setiap minggunya dan memberikan tutorial lebih menarik lagi pastinya, dengan cara klik like dan share video ini keteman-teman kalain, siapa tahu teman kalian bisa terbantu dan termotivasi untuk sama-sama belajar arduino.
see you next video di minggu depan. Bye, saya Ajat pamit undur diri.

Tonton video tutorialnya disini Teknokers

Tidak ada komentar:

Posting Komentar