Blog ini merupakan sarana informasi dan pembelajaran berbasis online atau digital. Pada blog ini, author menyajikan informasi dan pembehasan mengenai topik sains dan teknologi. Di antaranya Tutorial dan review teknik elektronika maupun elektronic circuit.

LightBlog

TOLONG

LIKE COMMENT AND SUBSCRIBE

Sabtu, 07 Desember 2019

Menyalakan Peralatan Listrik Menggunakan Remot TV berbasis Arduino – Project arduino sederhana



Hallo teman-teman, apa kabarnya hari ini? Di episode Dasar Arduino sebelumnya, kita telah mempelajari bagaimana caranya membuat pintu pintar yang bisa di buka dengan KTP. Masih di serial arduino nih teknokers, hem... mungkin buat kalian yang mengikuti serial ini dari episode 1, gak kerasa sekarang kita sudah sampai di penghujung episode seri Arduino basic. 

Buat yang belum tahu, di beberapa postingan sebelumnya kita sudah belajar menggunakan sensor-sensor pada arduino. Seperti sensor jarak, sensor suhu, sensor gerak, sensor air, sensor obstacle, sensor gas maupun api, sensor kelembaban, sensor getar hingga sensor suara. 

Buat di penghujung episode ini kita akan membuat alat yang simpel-simpel aja deh ya, yang penting alatnya keren dan berguna. Maka ditutorial kali ini kita akan membahas sensor TL1838 sebagai penerima sinyal infrared, dan sensor ini bisa kita gunakan sebagai penyala atau pemadam lampu menggunakan remot TV.

Untuk kalian yang masih pemula atau malah belum sama sekali tahu apa itu arduino, teman-teman tidak usah khawatir, kerana di channel ini kita bahas semua dari dasarnya, hingga kalian bisa atau bahkan mahir dibidangnya.

Sensor TL1838 adalah sensor penerima sinyal infrared, seperti pada remot-remot TV pada umumnya. Video ini mungkin singkat saja, karena sebenarnya inituh sudah di bahas di beberapa video sebelumnya. Yang menjadi pembeda hanya pada sensor yang kita gunakan. Dilatihan kali ini kita akan mencoba menyalakan LED dengan remot atau menyalakan lampu rumah dengan remot, supaya kalian yang MAGER (malas gerak) tidak usah lagi repot-repot untuk mematiakan saklar lampu yang berada jauh di ujung sana, maksudnya sebrang tembok gituh. 

Dengan menggunakan sensor ini, kalian hanya tinggal memencet tombol remot tanpa harus banyak gerak sperti halnya menyalakan TV. Alat ini juga bisa digunakan untuk menyalakan atau mematikan peralatan elektronik lainnya, seperti kipas angin, itumah tergantung kebutuhan. Kecuali AC mungkin, karena Ackan udah ada remotnya pak, ngapain repot-repot bikin lagi hehehe...

Ok, alat dan komponen yang harus disiapkan adalah: Arduino uno, bread board mini, Sensor TL1838 , 1 buah LED, resistor 220 ohm, relay 1 channel, remot bebas mau remot tv juga bisa dan beberapa kabel jamper.

Pertama-tama, kita susun rangkaian seperti pada skematik berikut. (Download skematik dan programnya disini)
-          Hubungkan kaki pertama sensor dengan pin 11 Arduino
-          Sedangkan kaki keduanya ke pin GND pada arduino
-          Dan kaki ketiga sensor dihubungkan dengan pin VCCnya arduino
-         Hati-hati untuk sensor type lain, susunan pin bisa berubah, posisi ground dan vcc bisa tertukar, jadi lihat datasheet untuk memastikan konfigurasi untuk setiap sensor.
-          Terakhir pin 13 arduino di hubungkan dengan kaki postif LED yang kainya terhubung dengan resitor 220 ohm
-          Tidak lupa kaki negatif LED disambungkan dengan pin GND arduino

Tahap wairing sudah selesai, jika sudah di pastikan tidak ada yang salah hubung, next yuk kita kepemograman . (Download skematik dan programnya disini)

Setelah berhasil di upload, silahkan buka serial monitor arduino lalu tekan sembarang tombol pada remote infrared dan arahkan ke sensor TL1838, maka akan tampil kode berbentuk angka desimal, setiap tombol yang ditekan pada remot akan menghasilkan angka desimal yang berbeda, angka itulah yang akan kita definisikan untuk menyalakan lampunya.

Contoh ketika menekan tombol “1” maka muncul nilai desimal “1678996467”, Setiap remote infrared mempunyai nilai desimal yang berbeda, terkadang ada juga ketika tombol ditekan menghasilkan nilai yang tidak konstan atau bahkan muncul nilai “4294967295” ini bukan kode unik dari tombol tersebut, hal ini bisa terjadi biasanya apabila kita menekan tombol secara berkelanjutan/ditekan lama. Dengan kata lain sama seperti type sensor lain, remote pun punya spesifikasinya masing masing.

Sesuai dengan program, tombol 1 akan menyalakan lampu sedangkan tombol 2 pada remot akan mematikan lampu tersebut. Kalian bisa merubah-ubah results.value-nya, sesuaikan saja kode yang kalian kehendaki dengan tombol remot yang kalian tekan. Kemudian salin kode yang muncul di serial monitor untuk menggantikan result.value-nya dengan yang baru.
Atau LED ini bisa kita ganti dengan relay, supaya bisa menyalakan lampu bertegangan 220VAC seperti ini.

Ok. Sekian dulu postingan pada kali ini, teruslah berinovasi dan berkreasi. mudah-mudah tutorial ini bermanfaat, memotivasi dan membantu kalain dalam sama-sama belajar pemograman arduino. Saya minta dukungannya untuk membuat blog ini selalu upload setiap minggunya dan memberikan tutorial lebih menarik lagi pastinya, dengan cara klik like dan share postingan ini keteman-teman kalain, siapa tahu teman kalian bisa terbantu dan termotivasi untuk sama-sama belajar pemograman arduino.
see you next video di minggu depan. Bye, saya Ajat pamit undur diri.

Tonton video tutorialnya disini Teknokers


Tidak ada komentar:

Posting Komentar