Blog ini merupakan sarana informasi dan pembelajaran berbasis online atau digital. Pada blog ini, author menyajikan informasi dan pembehasan mengenai topik sains dan teknologi. Di antaranya Tutorial dan review teknik elektronika maupun elektronic circuit.

LightBlog

TOLONG

LIKE COMMENT AND SUBSCRIBE

Jumat, 06 September 2019

Tutorial Pemograman Dasar Menggerakan Servo dengan Arduino



Hallo teman-teman, apa kabarnya hari ini? Mungkin, di postingan kali ini akan agak sedikit berbeda dan juga akan lebih singkat.  Nah berbeda dengan tutorial-tutorial sebelumnya yang membahas tentang cara menggunakan sensor-sensor pada arduino. contohnya seperti sensor jarak, sensor suhu, sensor gerak, sensor air dan masih banyak lagi. Untuk tutorial pada kali ini, saya cuman akan membahas tentang servo. Karena servo ini kita akan di guakan pada video dan projeck selanjutnya, maka dari itu kalian harus tahu dasarnya terlebih dahulu, supaya lebih paham dan tidak ketinggalan di video dan tutorial kedepannya.

Buat yang belum tahu, dulu kita juga sempat membahas tentang dasar arduino di episode 1 sampai dengan episede 6. Kemudian di episode selanjutnya kita mulai membahas tentang sensor-sensor pada arduino. Dan pastinya, pada serial dasar arduino ini, mimin akan menyelipkan beberapa tutorial atau projek dasar. Supaya membantu dan memudahkan teman-teman dalam mengikuti tutorial selanjutnya yang lebih rinci dan pastinya keren.

Untuk kalain yang masih pemula atau malah belum sama sekali tahu apa itu arduino, teman-teman tidak usah khawatir, kerana di blog ini kita bahas semua dari dasarnya, hingga kalian bisa atau bahkan mahir dibidangnya.

Ok, alat dan komponen yang harus disiapkan juga relatif sedikit, seperti: Arduino uno, bread board mini, potensiometer 10k ohm dan tentunya servo, tidak ketinggalan dengan beberapa kabel jumper.

Umumnya terdapat 3 kabel pada servo, yaitu seperti kabel supply, ground dan data, warna kabel setiap servo terkadang berbeda, tapi pada kali ini kita akan menggunakan motor servo Merk Toper Pro 90/9g, pada servo ini kabel warna coklat untuk ground, merah untuk supply dan orange untuk data, hubungkan ketiga kabel tersebut ke arduino seperti pada skematik ini. (Download skematik dan programnya disini).

Peratama-tama, kita akan membuat program untuk memutar kondisi servo dari 0 derajat sampai 180 derajat, kanan dan kiri, begitu seterusnya. Dan untuk programnya sangatlah mudah teknokers, seperti ini nih. (Download skematik dan programnya disini).

Awal mula servo akan berada pada titik yang telah ditentukan di program tadi, kemudian akan bergerak dari kiri ke kanan dan dari kanan ke kiri secara terus menerus selama mendapatkan sumber tegangan. Nah itu adalah dasar untuk menggerakan servo menggunakan arduino. Selanjutnya kita tambahkan potensiometer sebagai penggerak servo itu sendiri, caranya sederhana, kita hanya tinggal melakukan beberapa perubahan program seperti berikut. (Download skematik dan programnya disini).

Alhasil servo akan bergerak sesuai dengan putaran potensiometer. Kalian juga bisa ber-eksperimen menggunakan komponen analog lain untuk menggerakan servonya. Nah, teknokers alasan saya memberikan tutorial ini karena di postingan selanjutnya kita akan membuat projek keren menggunakan servo dan beberapa sensor.

Ok, Sekian dulu postingan pada kali ini, teruslah berinovasi dan berkreasi. mudah-mudahan tutorial ini bermanfaat, memotivasi dan membantu kalain dalam sama-sama belajar pemograman arduino. 
see you next postingan di minggu depan. Bye, saya Ajat pamit undur diri.


1 komentar: