Blog ini merupakan sarana informasi dan pembelajaran berbasis online atau digital. Pada blog ini, author menyajikan informasi dan pembehasan mengenai topik sains dan teknologi. Di antaranya Tutorial dan review teknik elektronika maupun elektronic circuit.

LightBlog

TOLONG

LIKE COMMENT AND SUBSCRIBE

Rabu, 11 September 2019

Tutorial Pemrograman Dasar Melodi dan Tone dengan Arduino



Hallo teman-teman, apa kabarnya hari ini? Setelah kemarin kita membahas servo di postingan selingan seri arduino basic, di video kali ini saya juga akan memberikan tutorial selingan lagi pastinya. Mungkin kalian akan bertanya-tanya, kenapa si ada postingan selingan kaya gini, kenapa gak sekalian aja di bahas dalam satu postingan? Jawabannya, gini teman-teman. Sesuai dengan konsepan awal channel atau blog saya ini di buat, bahwasannya channel ini ingin berbeda dari channel-channel tutorial yang lain, di channel ini saya pengennya kita membahas arduino dari dasarnya gak sekonyong-konyong langsung jadi, saya pengennya kalian itu benar-benar ngerti dan punya dasar pemograman arduino, sehingga kalian kedepannya bisa membuat alat yang keren dengan mudah, karena setidaknya tahu teorinya dasarnya tersebut.

Dan kenapa gak disatuan pembahasannya, jawabannya juga simpel. Terlalu banyak memakan durasi teknokers. Hehehe..

Buat teman-teman yang baru singgah di channel ini, dulu kita juga sempat membahas tentang dasar arduino di episode 1 sampai dengan episede 6. Kemudian di episode selanjutnya kita mulai membahas tentang sensor-sensor pada arduino. Buat kalain yang penasaran, kalian boleh ko tonton dulu video-video atau postingan tutorial saya sebelumnya, siapa tahu channel ini cocok buat kalian yang pengen belajar arduino dari dasarnya. Semoga betah yaaa, hehehe

Ok, di video kali ini, kalian hanya membutuhkan : Arduino uno, bread board mini, speaker 8 ohm, LED merah, 2 resistor 220 ohm dan tentunya beberapa kabel jumper.

Pertama-tama, kita susun rangkaian seperti pada skematik ini. (Download skematik dan semua programnya disini)
  • Letakan LED dan Speaker di Breadboard seperti ini.
  • Kemudian hubungkan resistor pada kaki positif LED dan Speaker.
  • Jangan lupa hubungkan GND arduino ke setiap kaki negatif.
  • Sambungkan pin 13 Arduino ke kaki Resistor yang terhubung ke LED.
  • Terakhir hubungkan pin 9 Arduino ke Resistor yang terhubung ke kabel positif Speaker.
  • Catatan. Sebenarnya Speaker tidak memiliki polaritas. Jadi mau dipasang seperti apapun antara positif dan negatif, Speaker masih tetap akan menyala.
Jika rangkaian sudah di pastikan sesuai dengan skematik, saatnya kita kepemograman. (Download skematik dan semua programnya disini)

Di program pertama kita membuat sirine pemadam kebakaran. Dan seperti yang sudah di jelaskan di pemograman tadi, kita hanya bermain dengan prekuensi nyala speakernya saja, sehingga seolah-olah suara yang keluar dari speaker terdengar seperti bunyi sirine. Disini saya juga menambahkan LED merah sebagai pemanis. Alasan saya membuat projek sederhana ini, karena di episode selanjutnya saya akan membuat projek yang menggunakan sirine ini. Jadi tungguin aja.

Tapi kayaknya, projek ini terlalu mudah dan sederhana. Sekarang mari kita berinovasi dengan membuat sebuah lagu. Supaya episode ini jadi lebih keren. Caranya sama saja seperti pemograman  tadi, tapi sebelum itu kalian harus tahu dulu prekuensi untuk setiap tangga nadanya, seperti yang di jelaskan tabel ini.

Di sini saya mempunyai 3 lagu, seperti : lagu selamat ulang tahun, bintang kecil dan kebunku. Untuk programnya seperti ini. Oh ya, lagu yang saya buat memang tidaklah perfek seperti si dia. Kalian bisa mengembangkan sendiri atau membuat yang lebih bagus dari ini. Supaya gak buang-buang waktu untuk mikirin si dia, langsung aja kita putar lagunya.Download skematik dan semua programnya disini)

Ok, Sekian dulu postingan pada kali ini, teruslah berinovasi dan berkreasi. mudah-mudah tutorial ini bermanfaat, memotivasi dan membantu kalain dalam sama-sama belajar pemograman arduino. 
see you next video di minggu depan. Bye, saya Ajat pamit undur diri.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar